BESAUM KE PENEMU NGEMANSANG KE MENUA BALA KABAN KITAI KETUNGAU NYADI KESUTIK TUJU

Kamis, 25 Februari 2010

Gawai dayak kab sintang

Hari kedua pelaksanaan Gawai Adat Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2008 digelar berbagai kegiatan. Menariknya, ketika dilaksanakan rapat Dewan Adat Dayak (DAD) se-Kabupaten Sintang, terlontar kesepakatan untuk menggelar Musyawarah Adat (Musdat) hari ini, Sabtu (28/6).
Diantara kegiatan yang digelar, yaitu pangkak gasing dan melukis dengan motif adat Dayak. Sementara pada malam harinya, dilangsungkan babak penyisihan Pemilihan Bujang Dara Gawai Adat Dayak Kabupaten Sintang 2008 serta perlombaan tari-tarian. “Berbagai kegiatan telah kita laksanakan. Malam ini ( kemarin malam, red) akan dilaksanakan penutupan oleh Bapak Bupati. Hasil rapat pengurus DAD tadi menelorkan sebuah hasil, yaitu akan dilaksanakan Musdat pada besok (hari ini, Sabtu, red). Musdat kali ini akan diketuai Drs Mikail Abeng MM dengan Sekretaris Pelaksana Fransiskus SH,” ungkap Drs Askiman MM, Ketua Pelaksanaan Gawai Adat Dayak.
Kesepakatan untuk melaksanakan Musdat Dayak Kabupaten Sintang hari ini, rencananya akan dilangsungkan di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Kabupaten Sintang. Musdat itu kata Askiman, diantaranya membahas berbagai persoalan dan mengatur program DAD Kabupaten Sintang ke depan. Hal ini demi kemajuan dan kemandirian, termasuk penyegaraan kepengurusan. “Banyak persoalan dan permasalahan yang akan dibahas. Hal itu dilaksanakan demi untuk kemajuan dan kelanggengan budaya yang ada di suku Dayak agar tidak punah karena derasnya arus globalisasi. Bahkan, juga akan dilaksanakan penyegaran jajaran kepengurusan,” paparnya.
Sementara di Gedung Indoor Apang Semangai sedang dilangsungkan lomba melukis dengan motif Dayak. Yosef salah satu peserta dari Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang terlihat sedang seksama mewarnai lembaran kertas yang dijadikan kanvas untuk melukis. Remaja ini mengenakan baju khas Dayak dengan Mandau terselip dipinggangnya. Ia menamai lukisannya dengan judul Pakis Muda. “Mudah-mudahan bisa berhasil. Lukisan ini namanya Pakis Muda. Sesuai dengan khas orang Ketungau Hulu,” ujarnya pendek.
Selain itu, didalam bangunan Gedung Indoor kesibukan mulai terlihat. Para panitia sedang melakukan persiapan untuk acara penutupan. Malam penutupan diperkirakan akan berlangsung semarak dan meriah, karena akan menyajikan tari-tarian dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar